Thursday, September 03, 2009

3 hal yang menggangu dalam membuat applikasi yang besar

Applikasi yang kita bangun sekarang boleh dikatakan cukup "jelek". Jelek dalam arti "developer point of view". Jadi kejelekannya itu dilihat dari cara pandang developer.
Berikut adalah daftar kejelekannya :
1. Ugly Foot-Print
Applikasi yang kita bangun menempal pada suatu software CMS. Kita membangun-nya sebagai component dari sistem CMS tersebut. Untuk suatu halaman yang sederhana, let say "hello world", masih terdapat foot-print yang cukup besar yang digenerate oleh CMS tersebut, ini bisa dilihat pada saat kita "view source" dari document html yang di generate. Hal ini memang tidak bisa dihindari akibat sistem kita yang menempel ke sistem CMS tersebut.
Solusi-nya :
Kita harus lepas dari sistem CMS tersebut.

2. Too many programming language
Yup, kita memakai banyak bahasa untuk membangun sistem kita ini. Php, Javascript, Pascal & Java adalah bahasa bahasa pemrograman yang kita pakai. Mungkin ini salah satu akibat dari kurangnya pengalaman dalam membangun sistem, banyaknya developer yang keluar masuk di sistem kita dan adanya keyakinan "yang penting jalan dulu".
Solusi-nya :
gunakan general-purpose language dan bangun ulang keseluruhan sistem dalam bahasa pemrograman tersebut

3. Our code is not easy to read
Walaupun kita memiliki standard penulisan code code di sistem kita, perbedaan antara developer yang satu dengan developer yang lain tetap terlihat di source code applikasi kita. Hal ini tidak mempengaruhi sistem yang berjalan ditempat kita, tetapi hal ini mempengaruhi pada saat kita akan memodifikasi source code tersebut. "Cara membaca" dari source code yang berbeda beda "pattern" penulisannya tentu akan sangat menyulitkan developer, dan ini adalah problem yang kita hadapi saat ini.  Tidak mengganggu jalannya sistem yang ada tapi cukup merepotkan pada saat memodifikasi source code-nya.
Solusi-nya :
tulis ulang code yang ada dan buat standard penulisan

Sementara baru tiga hal ini lah yang menurutku cukup "mengganggu" dalam kita membangun sistem kita. Sementara sistem kita terus berjalan, problem ini tetap tidak bisa teratasi tanpa kita memiliki momentum untuk memutus mata-rantai tersebut.

What do you think ?
ada usul ?


1 comment:

maeyleafv said...

mantap jaya!