Tuesday, October 20, 2009

Django + Pinax

Hi there,

Mau belajar Django + Pinax ?
Silahkan mengikuti Tutorial dari Fernando Correia ini, disana dia menjelaskan step by step menggunakan pinax. Harap di ingat saat tulisan ini di buat, versi dari pinax sudah di 0.7.1 sedangkan tutorial dari Fernando itu dibuat di versi 0.5.

Tetapi saya masih bisa memakainya, except project yang dipakai adalah "social-project" bukan "completed-project" seperti yang Fernando tulis.

Nah apa yang saya lakukan dengan Django dan Pinax ini ?.
Ide-nya begini, saya ingin punya applikasi yang bisa berkolaborasi dengan "CMS" atau "Social Networking" applikasi.  Jadi applikasi yang saya buat itu merupakan extention / bagian / component dari "CMS" atau "Social Networking" itu. Nah dengan pinax ini saya merasa bisa terwujud.

Pinax tetap merupakan suatu "library", yang di maintain oleh developer2-nya pinax, sementara applikasi yang saya buat merupakan extentionnya, dan yang memaintenance ya saya sendiri.
Begitu Pinax mengeluarkan release update terbaru, itu tidak akan mengganggu applikasi yang saya buat.

Hanya saja untuk versi saat ini, masih banyak yang harus di kejar dari Pinax. Terutama soal UI dan Functionalitynya yang masih terlalu sederhana.

Oke silahkan mencoba kombinasi django + pinax + applikasi-mu, dan mari kita belajar bersama.


No comments: