Wednesday, May 28, 2008

Looking for Next Frameworks

Another Frameworks ? lagi ? yes, definitely.

Applikasi yang sedang kita buat saat ini di bangun diatas php, dan terus terang kita sedang mencari framework berikutnya. Tentu saja bukan php pilihannya, ada 2 pilihan pakai python atau java. Dua dua nya memiliki kelebihan dan kekurangan, dan yang pasti mereka sudah di skala enterprise.

Framework di dunia python ada beberapa yang menarik untuk di pergunakan, Django dan Turbogears. Django memiliki kekurangan yang saat ini sedang saya butuhkan dengan sangat, yakni tidak support dengan composite primary key didalam default ORM mereka, tetapi mereka memiliki solusi dengan membuat side-project, django-sqlalchemy hosting di google codes, tetapi sepertinya project ini stagnan, tidak terlalu kelihatan perkembangannya.

Turbogears sudah memiliki integrasi dengan SqlAlchemy, tetapi masih belum default. Next version dari Turbogears versi 2 akan membuat SqlAlchemy sebagai default ORM mereka.

Why SqlAlchemy is important for me ? karena kita berusaha memakai legacy database yang sudah ada dengan berusaha meminimalkan efek perubahan struktur database karena pemakain ORM yang baru ini.

Bagaimana dengan JAVA ?
Pilihannya sudah bagus ORM-nya pakai Ibatis atau Hibernate.
Cuman belum di coba.

No comments: